cover
Contact Name
I Putu Mas Dewantara
Contact Email
mas.dewantara@gmail.com
Phone
+6281805381503
Journal Mail Official
mas.dewantara@gmail.com
Editorial Address
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pendidikan Ganesha Jl. Udayana Kampus Tengah Singaraja, Bali, Indonesia 81116
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora (JPPSH)
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora (JPPSH) is a journal that uses a double-blind peer review model that can be accessed online. The purpose of JPPSH is to publish a journal containing quality articles that will be able to contribute thoughts from a theoretical and empirical perspective for technological and educational advancement. The writings at JISH will significantly contribute to critical thinking in the scientific fields in general, particularly in the area of Social Sciences and Humanities.
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 1 (2021): April" : 20 Documents clear
Pengungkapan Corporate Social Responsibility Aspek Sosial terhadap Nilai Perusahaan dengan Manajemen Risiko sebagai Pemoderasi Elma Meliniawaty; Supatmi Supatmi
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora Vol. 5 No. 1 (2021): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (467.332 KB) | DOI: 10.23887/jppsh.v5i1.31564

Abstract

Nilai perusahaan yang tinggi dapat dijadikan pertimbangan investor dalam mengambil keputusan investasi. Oleh karena itu, perusahaan perlu memenuhi kebutuhan informasi keuangan dan non-keuangan kepada stakeholder, khususnya investor. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh Corporate Social Responsibility aspek sosial terhadap nilai perusahaan dengan manajemen risiko sebagai moderasi hubungan kausal tersebut. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi di Bursa Efek Indonesia. Teknik sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 49 perusahaan sampel dengan menggunakan teknis analisis regresi data panel untuk pengujian hipotesis dan diolah menggunakan Eviews 9. Hasil penelitian ini menunjukan nilai Adjusted R2untuk model 1 adalah 0,32. Hasil ini mengindikasikan bahwa 32% variasi dari nilai perusahaan dapat dijelaskan oleh variasi dari variabel independen yaitu corporate social responsibility, profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan, dan sisanya 68%, dan model 2 memiliki nilai Adjusted R2 sebesar 0,39. Dapat disimpulkan Corporate Social Responsibility aspek sosial berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan dan manajemen risiko terbukti memoderasi secara parsial hubungan kausal tersebut.
Profitabilitas, Leverage Dan Nilai Perusahaan Dimediasi Tax Avoidance Erika Ikmaliyah; Evi Maria
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora Vol. 5 No. 1 (2021): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (490.742 KB) | DOI: 10.23887/jppsh.v5i1.32149

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh profitabilitas dan leverage terhadap nilai perusahaan dengan penghindaran pajak sebagai variabel mediasi. Penelitian ini dilakukan di Bursa Efek Indonesia (BEI). Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan Manufaktur di Sub-Sektor Barang Konsumsi sebanyak 56 perusahaan dengan purposive sampling yang diperoleh oleh 20 perusahaan dengan waktu pengamatan tahun 2016-2018 sehingga diperoleh 60 sampel. Metode pengumpulan data menggunakan metode non tes dengan kuesioner. Teknik analisis data dengan analisis jalur menggunakan program WarpPls 6.0. Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh antara profibalitas yang diproksi dengan ROA dengan nilai perusahaan yang diproksi dengan PBV diperoleh nilai coefficient path sebesar 0.84 dengan nilai p sebesar 0.001 kurang dari 0.05. nilai path coefficient tax avoidance sebagai variabel mediasi pengaruh antara profitabilitas dengan nilai perusahaan adalah sebesar – 0.07 dengan nilai probabilitasnya (p) = 0.224 > 0.05. Dapat disimpulkan profitabilitas dan leverage berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan penghindaran pajak sebagai variabel mediasi
Jargon Used by Balinese Traditional Weaving Community Sang Putu Ari Pandita; Dewa Putu Ramendra; Gede Mahendrayana
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora Vol. 5 No. 1 (2021): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (485.313 KB) | DOI: 10.23887/jppsh.v5i1.32606

Abstract

This research was conducted in order to find out the jargons that exist in Balinese traditional weaving community. This research was designed in the form of descriptive qualitative study. The method used in this study were conducting observation and interview. Observation was done in order to observe the condition and jargons used in the weaving process. Meanwhile, interview was done by interviewing three informants and the purpose of the interview was to find out all of the jargons used in this community. The results showed that there were forty-one jargons found in traditional weaving. These jargons were distinguished into three type. Based on the process of producing kambeng songket, there were twelve jargons found. Related to the name of tools and ingredient, there were twenty-three jargons found. Lastly, there were six jargons concerned with naming the motif. All of the jargons have their own meaning used by the weavers in order to communicate each other. This research also helped to document the jargons that exist in Balinese traditional weaving community.
Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan OTO Car Wash Sunu Wicaksono; Linda Kusuma
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora Vol. 5 No. 1 (2021): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (480.927 KB) | DOI: 10.23887/jppsh.v5i1.33121

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen pada konsumen OTO Car Wash di Kota Salatiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan data primer melalui kuesioner online. Pengambilan kuesioner dilakukan dengan teknik purposive sampling. Adapun jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 150 responden. Teknik analisis dilakukan dengan metode analisis regresi berganda dengan diuji menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan variabel kualitas pelayanan dan harga dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan sebesar 70% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. Nilai F hitung didapat sebesar 171,604 dan nilai signifikansi 0,000. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan dan harga berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen pencucian mobil di OTO Car Wash.
Green Marketing dan CSR Terhadap Keputusan Pembelian dengan Pengetahuan Konsumen Sebagai Variabel Moderasi Dominico Freza Mahendra; Albert Kriestian N.A. Nugraha
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora Vol. 5 No. 1 (2021): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (514.884 KB) | DOI: 10.23887/jppsh.v5i1.33141

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis green marketing dan CSR terhadap keputusan pembelian dengan pengetahuan konsumen sebagai variabel moderasi pada konsumen generasi milenial di swalayan Super Indo Salatiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data primer melalui kuesioner online. Pengambilan kuesioner dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian sebesar 200 responden. Penelitian dilakukan dengan metode analisis regresi berganda dan diuji menggunakan SPSS. Hasil pengujian menunjukkan bahwa green marketing tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sedangkan CSR berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Pengujian dengan moderasi mendapatkan hasil variabel pengetahuan konsumen tidak dapat memperkuat atau memperlemah green marketing dalam mempengaruhi keputusan pembelian. Namun, hasil moderasi variabel pengetahuan konsumen memperlemah pengaruh corporate social responsibility terhadap keputusan pembelian.
Brand image, Lokasi, dan Fasilitas Sport Club Gym terhadap Loyalitas Pelanggan Nanang Nanang; Yusepaldo Pasharibu
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora Vol. 5 No. 1 (2021): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (468.501 KB) | DOI: 10.23887/jppsh.v5i1.33188

Abstract

Gym adalah salah satu olahraga populeruntuk melatih kebugaran tubuhdengan menggunakan beban dan alat-alat gym untuk membentuk tubuh.Saat ini Indonesia berada posisi  tier 3, orang yang paling rutin dan gemar melakukan olahraga di gym adalah  generasi milenial dengan presentase 48% dan generasi X menempati posisi kedua presentase 32%.Tujuan penelitian  ini untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh brand image, lokasi, dan fasilitas terhadap loyalitas pelanggan di Golden Sport Club Salatiga. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 200 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan metode purposive samplingdengan kriteria yang sudah berolahraga di gym Golden Sport Club Salatiga dan berdomisili di Salatiga. Uji hipotesis menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan Nilai signifikansi untuk brand image terhadap loyalitas pelanggan adalah sebesar 0.002 < 0.05 dan nilai t hitung 3.097>1.972. Nilai signifikansi untuk lokasi terhadap loyalitas pelanggan adalah sebesar 0.010 < 0.05 dan nilai t hitung 2.588>1.972. Nilai signifikansi untuk fasilitas terhadap loyalitas pelanggan adalah sebesar 0.000 < 0.05 dan nilai t hitung 5.429>1.972. Dapat disimpulkan bahwa brand image, lokasi, dan fasilitas memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada gym Golden Sport Club Salatiga.
Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Dana Desa Nur Asia Usman Betan; Paskah Ika Nugroho
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora Vol. 5 No. 1 (2021): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (484.422 KB) | DOI: 10.23887/jppsh.v5i1.33246

Abstract

Keterlambatan pengiriman dana dari pusat kepada daerah dan seluruh program desa terancam tidak dapat dilakukan atau direncanakan sesuai kesepakatan pemangku kepentingan di daerah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis akuntabilitas dan transparansi pengelolaan dana desa. jenis penelitian studi kasus dengan metode kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara kepada narasumber yang berhubungan dengan pengelolaan dana desa yang adalah aparat desa, perangkat desa, serta masyarakat umum. Sedangkan data sekunder diperoleh dari laporan keuangan desa, laporan dan pertanggungjawaban pelaksanaan APBDesa, dan dokumen pendukung yakni bukti-bukti transaksi seperti nota dan kwitansi yang dimiliki oleh pemerintah desa. Penelitian ini dilakukan dengan beberapa teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi serta dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis tematik yang melibatkan coding text. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap tahapan Kepala Desa bersama sekretaris dan bendahara telah melibatkan masyarakat secara terbuka. Laporan pertanggungjawaban dapat diakses oleh masyarakat. Tahapan perencanaan dan eksekusi telah melibatkan tokoh masyarakat, kepala kampung, tokoh pemuda, tokoh perempuan, dan elemen lainnya. Tahapan penatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban dilakukan oleh bendahara serta sekretaris desa. Kemudian, laporan akan dimusyawarahkan kepada masyarakat melalui pertemuan.
Pengaruh Liabilitas dan Pertumbuhan Perusahaan Terhadap Struktur Modal pada Perusahaan BUMN Go Public Ray Patar Parjuangan Simanjuntak; Pakah Ika Nugroho
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora Vol. 5 No. 1 (2021): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (480.975 KB) | DOI: 10.23887/jppsh.v5i1.33271

Abstract

Posisi finansial perusahaan dapat menunjukkan keadaan atau kondisi keuangan sebuah perusahaan melalui nilai asset, liabilitas, dan ekuitas dalam laporan keuangan, dengan kondisi finansial perushaan yang baik dapat meningkatkan tingkat kepercayaan pemangku kepentingan dalam pengambilan keputusan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tujuan untuk menguji pengaruh liabilitas dan pertumbuhan perusahaan terhadap struktur modal pada perusahaan BUMN go Public di Indonesia. Data pada penelitian ini adalah data sekunder yang melipuiti laporan keuangan perusahaan BUMN yang sudah go public dengan diperoleh dari sumber www.idx.co.id dan Indonesia Capital Market Directory (ICMD). Populasi yang digunakan merupakan perusahaan BUMN yang sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2015-2019 dan diperoleh 15 sampel perusahaan BUMN yang sudah go public. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa liabilitas berpengaruh positif terhadap struktur modal dan pertumbuhan perusahaan berpengaruh negatif terhadap struktur modal.
Strategi Pemasaran Online Terhadap Minat Beli Frozen Food Dengan Variabel Moderasi Perilaku Konsumen Saat Pandemi Covid-19 Evania Kusuma Dewi; Linda Kusuma
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora Vol. 5 No. 1 (2021): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (461.965 KB) | DOI: 10.23887/jppsh.v5i1.33287

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran online terhadap minat beli frozen food yang dimoderasi dengan variabel perilaku konsumen saat pandemi COVID-19 khususnya pada masyarakat kota Salatiga. Pada penelitian ini terdapat dua hipotesis yang akan diuji. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data primer melalui kuesioner online. Pengambilan kuesioner dilakukan dengan teknik nonprobability sampling dengan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian sebesar 120 responden. Dalam pengujiannya, penelitian ini menggunakan analisis regresi dengan alat uji Aplikasi SPSS. Namun, hasil pengujian menunjukkan bahwa pemasaran online berpengaruh signifikan terhadap minat beli. Pengujian moderasi mendapatkan hasil variabel perilaku konsumen memperlemah hubungan variabel pemasaran online terhadap minat beli.
Program Corporate Social Responsibility (CSR) untuk Peningkatan Kesejahteraan dan Pemberdayaan Masyaraka Arief Alvianto Sakti; Caecilia Tri Wahyanti
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora Vol. 5 No. 1 (2021): April
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (442.247 KB) | DOI: 10.23887/jppsh.v5i1.33289

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Program Corporate Social Responsibility (CSR) untuk peningkatan kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat di Desa Bergas Kidul. Metode penelitian  yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan wawancara dan menggunakan data sekunder terpercaya. Setelah data diperoleh dilakukan penyajian dan reduksi data, kemudian ditarik kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukan program corporate social responsibility berjalan efektif untuk peningkatan kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat di Desa Bergas Kidul menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, program CSR PT Sido Muncul efektif dalam meningkatkan kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat di Desa Bergas Kidul. Peluang kerja, peluang usaha, dan konsistensi program CSR menjadi faktor – faktor yang memperngaruhi keberhasilan program CSR terhadap peningkatan kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat di sekitar perusahaan.

Page 1 of 2 | Total Record : 20